PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN VOKASIONAL
Kata Kunci:
pendidikan, karakter, pembelajaran, vokasionalAbstrak
Orientasi pendidikan di sekolah luar biasa, adalah mengantarkan anak berkebutuhan khusus memiliki kemandirian untuk hidup secara inklusif dengan masyarakat di lingkungannya. Pembelajaran vokasional yang dilakukan di SLB BC Purnama merupakan upaya untuk membentuk karakter peserta didik berkebutuhan khusus. Pelaksanaan pembelajaran vocasional yang dilaksanakan di SLB BC Cipanas diorganisasi dalam kegiatan besar, yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi atau penilaian. Ada 4 karakter yang dicapai dari pembelajaran vokasional di SLB BC Purnama, yaitu: sikap positif; kerja keras; ketabahan; kreatif dan selalu selalu berinovasi. Metode yang digunakan dalam membahas tema ini, penulis dua pendekatan yaitu kajin empirik tentang pembelajaran vokasional di SLB BC Purnama Cianjur dan analisis konsep tentang Pendidikan karakter dan pembelajaran vokasional bagi peserta didik berkebutuhan khusus. Adapun jenis-jenis keterampilan tersebut adalah sebagai berikut: budidaya tanaman hias (sebagai icon visi SLB BC Purnama); keterampilan kreatif dari limbah; pertukangan (kayu); melukis di kanvas, melukis kerudung, dan melukis tas dan membatik
Referensi
Amri, dkk, 2011. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. Jakarta :Prestasi PustakaRaya.
Arikunto Suarsimi, 1998. Pengelolaan Kelas dan Siswa Suatu Pendekatan Evaluatif. Jakarta: CVFRajawali
Aziz Wahab, 1996. Mencari Arah Baru dalam Pengelolaan Sekolah, Mimbar pendidikan, Nomor 3 tahun XV/1996
Barnawi, dan Arifin, M. 2012. Strategi Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jogjakarta. AR-Ruzz Media.
Laksana. Indrayani. 2012. Pendidikan Karakter Kerangka, Metode dan Aplikasi Untuk Pendidik dan Profesional. Jakarta. Baduose Media Jakarta.
Muliyasa. E. 2007. Menjadi Guru Profersional Menciftakan Pembelajaran
Kreatif dan Menyenangkan. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Mu’in, Fathul. 2011. Pendidikan Karakter Konstukdi Teoretik &Praktik.
Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Ade Faroga
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penuh penulis. Diferensiasi: Jurnal Ilmiah Kependidikan memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Diferensiasi dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Diferensiasi: Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.