Diferensiasi: Jurnal Ilmiah Kependidikan https://jurnal.bbgpjabar.id/index.php/diferensiasi <p>Diferensiasi: Jurnal Ilmiah Kependidikan disingkat DJIK diterbitkan pada tahun 2022. DJIK merupakan jurnal <em>open source</em> yang menerapkan prinsip peer-review dalam pengelolaan naskah. DJIK mengundang para penulis dari berbagai kalangan seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, maupun pemerhati pendidikan untuk mengirimkan naskah terbaik di bidang pendidikan yang belum pernah dipublikasikan atau belum pernah dikirimkan untuk dipublikasikan ke jurnal lain. Naskah yang dikirimkan bisa dalam Bahasa Inggris atau Bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan abstrak dalam 2 bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, yang kemudian dilanjutkan proses review dengan minimal 2 orang reviewer.</p> <p>Penulis yang ingin mempublikasikan artikel di DJIK harus memahami aturan penulisan yang berlaku di DJIK serta menggunakan template yang telah disediakan. Penulis juga harus memperhatikan standar minimal kualitas artikel serta memperhatikan batas akhir pengiriman naskah sesuai waktu penerbitan. Seluruh proses pengelolaan naskah akan dilakukan secara online melalui OJS (Open Journal System). Penulis diminta untuk selalu memperhatikan status naskah yang dikirimkan agar dapat diproses tepat waktu.</p> <p>Naskah yang dipublikasi di DJIK dapat juga diakses secara bebas melalui pengindeks Google Schoolar.</p> id-ID <p>Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penuh penulis. Diferensiasi: Jurnal Ilmiah Kependidikan memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Diferensiasi dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan <a href="https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/">lisensi creative commons</a> yang digunakan.</p> <p><br />Diferensiasi: Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a <a href="http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/">Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License</a>.</p> juminarsih@kemdikbud.go.id (Juminarsih) eko76haryono@gmail.com (Eko Haryono) Fri, 30 Jun 2023 00:58:39 +0000 OJS 3.3.0.10 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 MODEL PEMBELAJARAN HIGH SCOPE PENDIDIKAN ANAK USIA DINI https://jurnal.bbgpjabar.id/index.php/diferensiasi/article/view/37 <p>Pada pembelajaran <em>High Scope</em>, anak mendapatkan pengalaman bermain secara langsung karena terlibat aktif dalam pembelajaran melalui penggunaan berbagai alat permainan yang ada, lingkungan belajar terbagi menjadi beberapa sudut atau area baik indoor maupun outdoor, orang-orang yang terlibat dalam pembelajaran dan lingkungan sekitar. Ide-ide yang muncul diharapkan anak memperoleh sejumlah ilmu yang berguna untuk mengembangkan segala aspek perkembangannya secara optimal. Anak-anak prasekolah belajar membuat rencana mereka sendiri dan berlatih mengimplementasikannya sehingga anak-anak dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk membangun landasan yang kokoh bagi perkembangan dan pembelajaran mereka selanjutnya. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran <em>High Scope</em>. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data berupa studi literatur, yaitu metode yang dapat mempelajari berbagai buku referensi dan hasil penelitian sebelumnya yang sejenis.</p> <p>&nbsp;</p> Shofa Hak Cipta (c) 2023 Shofa https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://jurnal.bbgpjabar.id/index.php/diferensiasi/article/view/37 Fri, 30 Jun 2023 00:00:00 +0000