Pola Asuh Orang Tua dan Perkembangan Otak Anak Usia Dini
Kata Kunci:
perkembangan otak, pola asuh orangtuaAbstrak
Jenis pola asuh yang diterapkan orang tua kepada anaknya dalam keluarga sangat menentukan keberhasilan dalam perkembangan dan kehidupan anak. Kesalahan dalam pengasuhan anak akan berakibat pada kegagalan dalam perkembangan dan kehidupan anak selanjutnya. Semua orang tua akan merasa senang manakala memiliki anak yang sehat, cerdas, berhasil di sekolah, bisa mandiri dan sukses dalam hidup. Hal penting dalam pola asuh anak agar mereka dapat sukses dalam hidup, sehingga menjadi anak yang memiliki pribadi yang baik, mandiri, sukses, yakni hendaknya para orang tua dan guru mengasuh anak-anak berdasarkan perkembangan otaknya. Perkembangan otak telah dimulai 3-4 minggu pada masa kehamilan dan semburan perkembangannya sampai usia 6 tahun oleh karena itu disebut masa keemasan. Tujuan penulisan makalah ini untuk mengetahui dan membahas mengenai: (1) Perkembangan Otak, (2) Peranan pola Asuh Orang Tua, dan (3) Intervensi dini terhadap perkembangan otak anak. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif berupa deskripsi fenomena-fenomena yang terjadi baik alami ataupun buatan manusia. Dapat disimpulkan bahwa: (1) Kecenderungan kepribadian anak beragam telah terlihat sejak usia dini, (2) Pengalaman pertama sangat penting untuk perkembangan otak dengan demikian orang tua harus sangat menyadari peranan pentingnya dan mengasuh otak anak; (3) intervensi dini terhadap perkembangan otak lebih mempengaruhi dibandingkan intervensi pada masa dewasa karena perkembangan otak terjadi dengan cepat pada usia 0-6 tahun bahkan dimulai sebelum kelahiran.
Referensi
A. Furchan. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, Cet.I, Pustaka Pelajar. Yogyakarta: 2004
Choiruddin. Klasifikasi Kandungan Al Quran. Gema Insani Press. Jakarta 1993
Goleman, Daniel. Kecerdasan Emosional Mengapa EI Lebih Penting Daripada IQ. Edisi 6. Sun. Jakarta. 1997.
Morrison. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Edisi Kelima. Indeks. Jakarta. 2012
Muhammad Yaumi dan Nurdin Ibrahim. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak– Mengidentifikasi dan mengembangkan multi talenta anak. Jakarta. Kencana Prenadamedia Group. 2013
Papalia, Diane E. dan Ruth Duskin Fieldman. Experience Human Development Menyelami Perkembangan Manusia Edisi 12, Buku 2. Salemba Humanika. Jakarta. 2014
Parker, Steve. Ensiklopedi Tubuh Manusia – terjemahan Winardini. Erlangga. Jakarta. 2009
Sunderland, Margot, The science of Parenting, Practical guidance on sleep, crying, play and building emotinal wellbeing for life. DK. United Kingdom. 2006.
http://www.mcb.web.id/2014/10/rusak-milyaran-sel-otak-anakkalau.html. Diunduh 2015
http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Terbaru/Terbaru/kandungan.nurisi.pada.asi/001/001/2161/3. Kandungan nutrisi Pada ASI. Diunduh 5 Maret 2015. http://id.theasianparent.com/14-manfaat-menyusui/2/. 14 Manfaat Menyusui. A.Maya. Diunduh 5 Maret 2015.
http://akiragarts.wordpress.com/2008/08/27/mengoptimalkan-kerjaotak/’’ mengoptimalkan kerja otak. Apa itu Dopamine? Diunduh 5 Maret 201
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 eka sri pujianti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penuh penulis. Diferensiasi: Jurnal Ilmiah Kependidikan memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Diferensiasi dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Diferensiasi: Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.