MODEL PEMBELAJARAN HIGH SCOPE PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Penulis

  • Shofa Magister Pascasarjana Panca Sakti Bekasi

Kata Kunci:

Model, pembelajaran, anak pra sekolah, hih scope

Abstrak

Pada pembelajaran High Scope, anak mendapatkan pengalaman bermain secara langsung karena terlibat aktif dalam pembelajaran melalui penggunaan berbagai alat permainan yang ada, lingkungan belajar terbagi menjadi beberapa sudut atau area baik indoor maupun outdoor, orang-orang yang terlibat dalam pembelajaran dan lingkungan sekitar. Ide-ide yang muncul diharapkan anak memperoleh sejumlah ilmu yang berguna untuk mengembangkan segala aspek perkembangannya secara optimal. Anak-anak prasekolah belajar membuat rencana mereka sendiri dan berlatih mengimplementasikannya sehingga anak-anak dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk membangun landasan yang kokoh bagi perkembangan dan pembelajaran mereka selanjutnya. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran High Scope. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data berupa studi literatur, yaitu metode yang dapat mempelajari berbagai buku referensi dan hasil penelitian sebelumnya yang sejenis.

 

Referensi

Biddle, Stuart J.H, Rock E Braithwaite, dan Natalie Pearson. (2014). The Effectiveness of Interventions to Increase Physical Activity Among Adolescent Girls: A Meta-analysis. Preventive Medicine 62 (1).

Fauni, A. M., Ashura, A., Malau, B., & Laila, F. (2021). Model High Scope. 6–7.

L, Amalia. (2017). Model Pembelajaran High (Scope) dalam Pelaksanaan PAUD. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2 (2)

Maryadi, Bellanita. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran High/Scope (Plan Do Review) Terhadap Motivasi Belajar Anak. Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/id/eprint/5060.

Masitoh. Dkk. (2003). Pendekatan Belajar Aktif di Taman KanakKanak. Jakarta: Depdiknas. Dirjen Dikti. Bagian Proyek Peningkatan Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Morrison, George S. (2007). Early Childhood Education Today chapter 6. New Jersey.

Nurhaedah, N, dan A Amal. (2017). Model Pembelajaran High/Scope dalam Menumbuh Kembangkan Kemampuan Anak Usia Dini 2 (1).

Rochmah, N., Fahridatun, U., & Hanifatunisak, H. (2019). Esensi Model Pembelajaran High/Scope dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(1), 16. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i1.133

Schweinhart, Lawrence J. (2003). Validity of the high/scope preschool education model. Ypsilanti

Yus, Anita. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.

Zed, Mestika. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Cet-3. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Diterbitkan

06/30/2023