MODEL PEMBELAJARAN HIGH SCOPE PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Kata Kunci:
Model, pembelajaran, anak pra sekolah, hih scopeAbstrak
Pada pembelajaran High Scope, anak mendapatkan pengalaman bermain secara langsung karena terlibat aktif dalam pembelajaran melalui penggunaan berbagai alat permainan yang ada, lingkungan belajar terbagi menjadi beberapa sudut atau area baik indoor maupun outdoor, orang-orang yang terlibat dalam pembelajaran dan lingkungan sekitar. Ide-ide yang muncul diharapkan anak memperoleh sejumlah ilmu yang berguna untuk mengembangkan segala aspek perkembangannya secara optimal. Anak-anak prasekolah belajar membuat rencana mereka sendiri dan berlatih mengimplementasikannya sehingga anak-anak dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk membangun landasan yang kokoh bagi perkembangan dan pembelajaran mereka selanjutnya. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran High Scope. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data berupa studi literatur, yaitu metode yang dapat mempelajari berbagai buku referensi dan hasil penelitian sebelumnya yang sejenis.
Referensi
Biddle, Stuart J.H, Rock E Braithwaite, dan Natalie Pearson. (2014). The Effectiveness of Interventions to Increase Physical Activity Among Adolescent Girls: A Meta-analysis. Preventive Medicine 62 (1).
Fauni, A. M., Ashura, A., Malau, B., & Laila, F. (2021). Model High Scope. 6–7.
L, Amalia. (2017). Model Pembelajaran High (Scope) dalam Pelaksanaan PAUD. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2 (2)
Maryadi, Bellanita. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran High/Scope (Plan Do Review) Terhadap Motivasi Belajar Anak. Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/id/eprint/5060.
Masitoh. Dkk. (2003). Pendekatan Belajar Aktif di Taman KanakKanak. Jakarta: Depdiknas. Dirjen Dikti. Bagian Proyek Peningkatan Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Morrison, George S. (2007). Early Childhood Education Today chapter 6. New Jersey.
Nurhaedah, N, dan A Amal. (2017). Model Pembelajaran High/Scope dalam Menumbuh Kembangkan Kemampuan Anak Usia Dini 2 (1).
Rochmah, N., Fahridatun, U., & Hanifatunisak, H. (2019). Esensi Model Pembelajaran High/Scope dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(1), 16. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i1.133
Schweinhart, Lawrence J. (2003). Validity of the high/scope preschool education model. Ypsilanti
Yus, Anita. (2011). Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.
Zed, Mestika. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Cet-3. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Shofa
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penuh penulis. Diferensiasi: Jurnal Ilmiah Kependidikan memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Diferensiasi dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Diferensiasi: Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.