Program Sekolah Ramah Anak
Upaya Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di BAnda Aceh
Kata Kunci:
inklusi, sekolah ramah anak, anak berkebutuhan khususAbstrak
Sekolah Ramah Anak merupakan suatu program yang dirancang untuk dapat mewujudkan sekolah yang bisa memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya termasuk anak-anak berkebutuhan khusus di Banda Aceh. Program ini juga tidak hanya merubah mindset dan meningkatkan kompetensi guru tetapi juga melibatkan orang tua agar pelayanan anak berkebutuhan khusus (ABK) bisa lebih optimal. Sebelum dilaksanakannya program sekolah ramah anak ini hanya 24,4% orang tua dan guru yang menyatakan bahwa ABK dapat bersekolah di sekolah umum dan hanya 30% orang tua dan guru yang memberikan dukungan bagi keberhasilan penyelenggaraan pendidikan inklusi. Setelah dilakukannya Program sekolah ramah anak terjai perubahan yang signifikan, yaitu sebanyak 100% orang tua dan guru menyatakan bahwa ABK dapat bersekolah di sekolah umum, dan 96,6% orang tua dan guru yang memberikan dukungan bagi keberhasilan penyelenggaraan pendidikan inklusi.
Referensi
Clark, D. (2015). Bloom's taxonomy of learning domains. Http: // www.nwlink.com/~donclark/hrd/bloom.html. Diakses 2 Maret 2017.
Dewi, M. & Wawan, A. (2010). Teori & pengukuran pengetahuan, sikap, dan perilaku manusia dilengkapi contoh kuesioner. Yogyakarta: Nuha Medika.
Hallahan, P., Kauffman, J. M. & Pullen, P. C. (2012). Exceptional learners: an introduction to special education. 20 nd ed. USA: Pearson.
Malone, S. (2014). Awaken the genius within: a guide to lifelong learning skills. Dublin: Glasnevin Publishing.
Mandel, D. S., Walrath, C. M., Manteuffel, B., Sgro, G., & Martin, J. A. P. (2005). The prevalance and correlates of abuse among and children with autisme served an comprehensive community-based mental health setting. Child Abuse & Neglect, 29, 1359-1372. Doi: http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16293306.
Papalia, D., Old, S., & Fieldman, R. (2001). Human development. 8 th ed. New York: McGraw Hill.
Poerwandari, K. (2013). Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku manusia. Jakarta: LPSP3 UI.
Santrock, J. W. (2008). Life span development. 11nd ed. New York: McGraw Hill.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Nita Harini
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penuh penulis. Diferensiasi: Jurnal Ilmiah Kependidikan memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Diferensiasi dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Diferensiasi: Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.