Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Minat Belajar Mahasiswa
Kata Kunci:
minat belajar, pengaruh media sosial, mahasiswa, InstagramAbstrak
Penelitian yang berjudul “Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Minat Belajar Mahasiswa” angkatan 2021 dan mahasiswa angkatan 2022 Universitas Trunojoyo Madura dan Institut Agama Islam Negeri Madura bertujuan untuk mengetahui apakah media sosial Instagram mempunyai dampak yang besar terhadap minat belajar mahasiswa. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilang sampel menggunakan sampling quota dengan pengambilan data melalui angket/kuisioner yang disebar melalui platform Whatsapp pada tanggal 4 oktober. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya minat belajar mahasiswa perempuan lebih kecil dari minat belajar mahasiswa laki-laki dengan persentase jawaban (61% < 68%).
Referensi
Hardono, A., Sarayar, A. R. O., Donianxon, R. A., Kurniawan, Hans Audianto, & Nastiti, P. (2019). Pengaruh Pengunaan Media Sosial Terhadap Minat Belajar Mahasiswa UAJY. Proceeding SINTAK 2019, 1, 458–464.
IWAN HERMAWAN, S. A. M. P. I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan ( Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method ). Hidayatul Quran.
K, S. S. (2007). Menulis ilmiah: metode penelitian kualitatif. Yayasan Obor Indonesia.
Nadirah, S. P. M. P. A. D. R. P. S. P. M. P. N. Z. S. P. M. P. (2022). METODOLOGI PENELITIAN Kualitatif, Kuantitatif, Mix Method (Mengelola Penelitian Dengan Mendeley dan Nvivo). CV. AZKA PUSTAKA.
Nugroho, U. (n.d.). Metodologi Penelitian Kuantitatif Pendidikan Jasmani. Penerbit CV. SARNU UNTUNG.
Nurhana Friantini, R., & Winata, R. (2019). ANALISIS MINAT BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA.
Tania, A. S. R., Fitria, A., Damayanti, L., Fajarudin, M. N., Damayanti, A., Mahadib, A. F., Arlianti, D. N., Rizki, E., Hidayat, F., & others. (2020). Media Sosial, Identitas, Transformasi, dan Tantangannya. Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan Inteligensia Media (Intrans Publishing Group).
Tanjung, R., Ritonga, T., & Siregar, E. Y. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Ujung Batu Barus. MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(1), 88–96.
Trygu. (n.d.-a). Menggagas Konsep Minat Belajar Matematika. GUEPEDIA.
Trygu. (n.d.-b). Teori Motivasi Abraham H. Maslow dan Hubungannya dengan Minat Belajar Matematika Siswa. GUEPEDIA.
UNIWARA, T. (2021). Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional Vol 1: “PELUANG DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN DIGITAL DI ERA INDUSTRI 4.0 MENUJU ERA 5.0.” Prosiding Transformasi Pembelajaran Nasional (Pro-Trapenas).
Wulandari, O. A. D. (2022). Statistika Untuk Ilmu Sosial: Teori dan Aplikatif Untuk Ilmu -- Ilmu Sosial. Zahira Media Publisher.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Farhan Amnan Mullisi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penuh penulis. Diferensiasi: Jurnal Ilmiah Kependidikan memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Diferensiasi dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Diferensiasi: Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.