RANCANGAN PENGEMBANGAN MODEL KURSUS MOOC (MASIVE OPEN ONLINE COURSE) BAGI GURU TK DAN PLB
Kata Kunci:
Inovasi Pembelajaran, Model, Massive Open Online CourseAbstrak
Model pembelajaran MOOC (Massive Open Online Courses) merupakan
salah satu bentuk inovasi diklat yang diterapkan di PPPPTK TK dan PLB.
Sebagai bentuk layanan dalam meningkatakan kompetensi baik bagi guruguru
serta layanan tendik lainnya. Pengembangan model MOOC ini
merupakan salah satu proses pembelajaran, dengan menggunakan moda daring
melalui pemanfaatan internet. Sesuai dengan perkembangan teknologi di era
digital ini maka pembelajaran dilakukan secara mandiri, dengan menggunaan
media secara digital , dikolaborasikan dengan foto dan video. Para peserta
diklat yang mengikuti pelatihan melalui MOOC ini dapat melakukan latihan
melalui kuis-kuis, soal-soal pilihan ganda, serta variasi bentuk soal lainnya,
untuk menguji kemampuannya setelah mengikuti setiap tahapan didalam
diklat tersebut. Diklat dengan menggunakan model MOOC merupakan salah
satu pilihan dimana para peserta dapat mengikuti materi berdasarkan waktu
yang fleksibel dengan dikekola sendiri, sehingga belajar dapat dimana saja,
kapan saja, dan setelah mengikuti pelatihan tersebut maka peserta dapat
mengunduh sertifikat sendiri. Layanan diklat ini merupakan satu wadah
dimana para guru dan tendik lainnya dapat mencari materi sesuai dengan
kebutuhannya, pelaksanaannya dapat dilakukan melalui pendaftaran melalui
alamat website yang sudah disiapkan lalu peserta dapat memilih jenis materi
yang sudah disipkan dalam aplikasi MOOC tersebut.
Referensi
Bates, Tony. (2014). What is a MOOC? Diakses 20 November 2021 dari http://www.tonybates.ca/2014/10/12/what-is-a-mooc/
Educause, (2015). Massive Open Online Course (MOOC). Diakses 20 November 2021 dari http://www.educause.edu/library/massive-open-online-course-mooc
Educause Learning Initiative. (2015). 7 Things You Should Know About MOOCs II. Diakses 20 November 2021 dari
https://net.educause.edu/ir/library/pdf/ELI7097.pdf
Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik. v5i1.445.
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School 7, 7(2), 297–302.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Kokom Komariah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Semua tulisan pada jurnal ini menjadi tanggung jawab penuh penulis. Diferensiasi: Jurnal Ilmiah Kependidikan memberikan akses terbuka terhadap siapapun agar informasi dan temuan pada artikel tersebut bermanfaat bagi semua orang. Diferensiasi dapat diakses dan diunduh secara gratis, tanpa dipungut biaya, sesuai dengan lisensi creative commons yang digunakan.
Diferensiasi: Jurnal Ilmiah Kependidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.