JENIS SUARA DAN INTONASI MELALUI MEDIA FLIPBOOK TERHADAP MOTIVASI INTERAKSI ANAK

Penulis

  • Anne Gracia Magister PAUD, Universitas Panca Sakti Bekasi

Kata Kunci:

flipbook, intonasi, suara

Abstrak

Perkembangan kegiatan bersama anak telah berkembang pesat dari berbagai produk, termasuk produk digital (Sutama et al., 2021). Pengenalan pada aneka suara bermakna dan suara yang memberi kecirian arahan diperlukan anak usia dini untuk kemampuan membedakan situasi dan perilaku untuk meresponnya (Charles Sturt University, 2017). Penggunaan media digital dengan aplikasi buku elektronik pada jenis flipbook yang dikombinasi dengan suara arahan aktivitas menjadi pilihan yang mengikuti perkembangan zaman. Jenis penelitian kualitatif studi kasus terapan yang condong kepada aplikasi baru berupa penerapan dari teknologi terkini di bidang media belajar digital (Donohue,2022). Studi kasus tentang satu kelompok dalam program kegiatan untuk memperoleh deskripsi yang utuh dan mendalam dari sebuah peristiwa. Prosedur perolehan data penelitian kualitatif studi kasus diperoleh dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penggunaan teknik modulasi udara menghasilkan suara narator yang memicu persepsi arahan memicu pendengar untuk mematuhi pesan. Pengaruh artikulasi atau dikenal sebagai kemampuan menghasilkan bunyi yang bermakna juga menjadi faktor penentu pesan diterima oleh pendengar. Kombinasi cerita dan arahan aktivitas dipadukan suara efek untuk digunakan sebagai sarana bercerita pada anak. Hasil yang diharapkan diperoleh dari data yang masuk adalah bahwa flipbook A dengan suara narator otoritatif dan artikulasi jelas meminta aktivitas dilakukan anak lebih diikuti anak, dibanding flipbook B dengan suara narator standar tanpa penurunan nada, juga artikulasi bergumam. Penggunaan tipe nada suara otoritatif sebagai kombinasi media digital flipbook pada kegiatan bercerita dapat memicu interaksi anak dengan motivasi tinggi (Phelan, 2014).

Referensi

Abror A, Muhammad, et al. “Digital Flipbook Empowerment as A Development Means for History Learning Media.” Jurnal Pendidikan Indonesia, vol. 8, 2019, https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/view/24122/14635.

Charles Sturt University. “The Impact of a Sound Amplification System in a Preschool Setting: Children’s and Educators’ Perspectives.” ASIA-PACIFIC JOURNAL OF RESEARCH IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION, vol. 11, no. Early Childhood, 2017, 7, pp.21.

Unduhan

Diterbitkan

12/31/2022